Rabu, 18 Maret 2009

Spooler Printer

Apakah anda pernah mendapatkan masalah Print spooler service is not running ???
Saya baru saja mengalaminya. Hal ini disebabkan kemarin saya menginstall omniformat.


Kemarin siang, saya menginstal Omniformat, tapi karena sudah saya belum sempat mencoba program tersebut. Setelah selesai install, komputer langsung saya matikan dan bergegas pulang.

Pagi ini, saya mendapatkan imel dari teman yang ijin masuk dan saya akan mencetak surat ijin tersebut untuk diserahkan kepada pimpinan. Namun waktu akan mencetak document, tabel print tidak muncul sama sekali, padahal saya sudah meng-klik icon print berkali-kali. Kemudian saya cek di Printers and Faxes. Wakssss, daftar printernya kosong. Saya mencoba add printer, namun yang muncul komentar "Print spooler service is not running".

Saya mencoba mencari solusi di eyang Google. ternyata cukup mudah untuk mengatasinya.
ada beberapa cara, cara pertama melalui dos prompt. Start> Run > CMD kemudian Enter. Setelah itu ketikkan 'net start spooler' dan tekan enter. Beres .

Cara kedua adalah

1. System Properties>Advanced
2. Pilih Performance>Settings
3. Data Execution Prevention
4. Pilih dan contreng Turn on DEP for all programs and services except those I select
kemudian klik Add

kemudian akan muncul kotak dialog, dan copy paste kan kalimat ini : C:\WINDOWS\system32\spoolsv.exe


5. pilih Open
6. Klik OK ketika anda mendapatkan sebuah peringatan
7. Klik Apply Apply


4 komentar:

Anonim mengatakan...

TQ , suksesssssssss

Anonim mengatakan...

ada cara lain g??
lagi punya masalah yang kaya gini juga nih,.
dua-duanya g bisa,.

edy susilo mengatakan...

belum pernah yang lain bos......

Anonim mengatakan...

Tengkyu so much...^^

berhasiL... berhasiL... berhasiL...
:D